Sabtu, 26 November 2011

Materi Pelajaran

Tangga Nada Mayor atau Major Scale

Guitar Lessons - Dunia musik membagi oktaf dalam 12 langkah, setiap satu langkah dinamakan semi-tone. Di keyboard atau piano pembagian ini terlihat pada banyaknya tuts yang ada dalam satu oktaf yaitu 12 tuts yang terdiri dari 7 tuts putih dan 5 tuts hitam. Di fingerboard gitar juga terlihat bahwa satu oktaf terbagi dalam 12 fret, langkah satu fret sama dengan sebuah semi-tone atau setengah nada dan langkah dua fret disebut sebuah tone atau satu nada.

Semua tangga nada mayor mempunyai jarak satu semitone dari 3rd ke 4th (Mi ke Fa) dan dari 7th ke 8th (Si ke 'Do'), jadi jika anda akan memainkan tangga nada mayor dalam satu string maka dari fret pertama yang anda tekan seharusnya memiliki langkah dua fret - dua fret - satu fret - dua fret - dua fret - dua fret - satu fret atau 1 - 1 - ½ - 1 - 1 - 1 - ½. Dalam tangga nada C Mayor pola langkah ini menghasilkan kumpulan nada tanpa sharp dan flat, yang artinya juga hanya tuts berwarna putih di piano yang membentuk tangga nada C Mayor. Dengan pola yang sama tangga nada G Mayor mempunyai satu sharp, tangga nada F Mayor mempunyai satu flat.

Contoh:
Tangga Nada C Mayor
major scale image 
major scale 2 image 

Tangga Nada G Mayor
Untuk memainkan tangga nada G Mayor anda harus memulai dari nada G kemudian lakukan langkah menurut pola tangga nada mayor, secara otomatis nada 7th (Si) adalah F#, jadi dalam tangga nada G Mayor tidak ada nada F.

major scale 3 image 
major scale 4 image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar